Pertumbuhan Trafik Internet Indonesia Tercepat Kedua di Dunia

KOMPAS.com  Menurut Cisco Visual Networking Index, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan lalu lintas IP tercepat kedua di dunia. Artinya, jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah dengan pesat. 

Cisco Visual Networking Index juga memperkirakan bahwa akan ada 164 juta pengguna internet dan 530,6 juta perangkat yang terhubung jaringan pada tahun 2018 di Indonesia.

Sedangkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, hingga 2013 terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia, dengan penetrasi 28 persen. Artinya, bakal terjadi pertumbuhan luar biasa dalam kurun lima tahun sejak 2013.

Menurut pihak Cisco, dengan pertumbuhan cepat itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang telah memasuki era Internet of Everything.

“Kita sudah berada pada awal era Internet of Everything. IoE tidak lagi menjadi istilah untuk tren masa depan, tetapi merupakan sebuah tantangan bagaimana kita akan membentuk transformasi di Indonesia melalui IoE," kata Ichwan F Agus, Telco Sales Director untuk Cisco Systems Indonesia, dalam keterangan resminya, Minggu (31/8/2014). 

Menurut pihak Cisco, dalam 25 tahun ke depan, IoE akan berkontribusi dalam peningkatan peluang ekonomi. Cisco pun memperkirakan bahwa Internet of Everything membawa kesempatan global senilai 19 triliun dollar AS dalam dekade berikutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »