Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

BlackBerry Ingin "Kembali ke Akar”

LONDON, KOMPAS.com - Model-model perangkat BlackBerry10 selama ini boleh dibilang kurang berhasil mendongkrak popularitas BlackBerry, pabrikan asal Kanada yang sedang terpuruk menghadapi gempuran dari Apple (iOS) dan Android di ranah smartphone.

Gagal menyasar konsumen umum, BlackBerry kini hendak mengalihkan fokus ke kalangan korporat yang menjadi pemakai tradisionalnya. 

"Mereka (kalangan profesional) adalah asal muasal kami. Bisa dibilang BlackBerry akan kembali ke akarnya," ujar COO BlackBerry Marty Beard ketika berbincang denganKompas Tekno usai acara peluncuran BlackBerry Passport di London, Inggris, minggu lalu.

Sikap baru BlackBerry tersebut tercermin dari produk smartphone teranyarnya, Passport, yang menurut Beard ditujukan untuk kalangan "profesional mobile". Layar lebar ponsel ini sengaja dirancang agar penggunanya mudah membaca dokumen, seperti spreadsheet dan e-mail.

Demikian pula dengan keyboard QWERTY dan teknologi lain milik Passport, seperti BlackBerry Assistant pada OS 10.3, semuanya dioptimalkan untuk bekerja. 

Passport menduduki posisi teratas hierarki perangkat BlackBerry 10, sementara di segmen low-end ada BlackBerry Z3  "Jakarta" yang baru-baru ini meluncur di Indonesia. BlackBerry Z3 pun, menurut Beard, sebenarnya menyasar kalangan profesional muda seperti mereka yang baru memasuki angkatan kerja. 

"Jadi, jangan dikira BlackBerry Z3 sekedar produk konsumen low end. Harapannya nanti para pengguna Z3 yang juga profesional akan berlanjut membeli ponsel BlackBerry, seperti Passport, jika sudah terjangkau kantong," imbuhnya.

Pergeseran fokus ke arah pengguna korporat juga terjadi di ranah software. Mulai update OS 10.3, pengguna BlackBerry kini memiliki dua pilihan toko aplikasi standar, yakni BlackBerry App World yang menyediakan aplikasi BlackBerry native dan Amazon Appstore di mana terdapat aneka aplikasi Android dalam bentuk file APK.

Dua toko aplikasi ini memiliki peranan berbeda dalam mengakomodir kebutuhan konsumen. Vice President Global Product Management BlackBerry Francois Mahieu menjelaskan bahwa toko aplikasi BlackBerry AppWorld bakal diarahkan agar lebih banyak memuat aplikasi produktivitas.

"Aplikasi seperti game akan tetap ada (di BlackBerry AppWorld) tapi tidak menjadi fokus utama. Untuk aplikasi-aplikasi semacam itu kami akan mendorong pengguna ke Amazon Appstore," kata Mahieu.
Terima kasih telah membaca artikel tentang BlackBerry Ingin "Kembali ke Akar” di blog Cicyc jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template